Pengantar Ketua Prodi

Kembali ke Program Studi

Pendidikan merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan, pembangunan menuju kearah perbaikan dan peningkatan kualitas sektor-sektor didalamnya. Sebagai penyelenggara pendidikan arsitektur tingkat Strata 1 satu-satunya yang ada di Kalimantan Barat (Kal-Bar), Program Studi (Prodi) arsitektur Universitas Tanjungpura (Untan) sudah selayaknya menjadi “garda” terdepan dalam mengarahkan sumber-sumber daya manusia yang ada di Kal-Bar secara berkualitas untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan sektor fisik dan lingkungan binaan.

Lingkungan kultur yang beragam dari beberapa Etnis utama (Melayu, Dayak, dan Cina) di Kal-Bar menjadi perhatian kami dalam mengembangkan kurikulum, kegiatan ilmiah, serta menjadi pondasi utama dalam kearifan lokal “ber-arsitektur”. Lokalitas, tren arsitektur dunia, serta isu-isu keberlanjutan dan perubahan iklim juga menjadi isu-isu diskusi akademik yang kami kembangkan, seiring dengan usaha-usaha “perpaduan” dan pendalaman dari keunikan masing-masing kajian ilmu dalam kerangka teoritis dan praktek.

Kami memiliki sumber daya manusia dengan beragam kualifikasi dan pemikiran yang dapat mendorong proses-proses pembelajaran aktif dan kreatif. Mahasiswa dan alumni merupakan “rekan” dalam pengembangan keilmuan: melalui penelusuran minat dan bakat, penguatan dan eksplorasi, serta penekanan kemampuan individu dan kelompok. Pengguna lulusan juga tidak kalah penting, kompetensi-kompetensi utama profesi arsitek dalam dunia kerja juga kami pertimbangan dan sesuaikan, selaras dengan kurikulum berbasis kompetensi yang kami gunakan. Akhir kata, semoga informasi yang kami tampilkan dalam fasilitas ini dapat berguna bagi seluruh pihak yang terkait

Pontianak, Januari, 2013
M. Nurhamsyah
e-mail: nurhamsyah@teknik.untan.ac.id / nurhamsyahmuhammad@gmail.com

Kembali ke Program Studi