Staf dan Mahasiswa: Pemenang (1) Sayembara Perancangan Tugu Khatulistiwa Pontianak

Mengacu pada tujuan me re-design Tugu Khatulistiwa untuk mengembalikan tujuan dan fungsi Tugu Khatulistiwa menjadi ikon Kota Pontianak dan menarik wisatawan, Pemkot Pontianak mengadakan Sayembara Penataan dan desain Kawasan Tugu Khatulistiwa. Berdasarkan penjurian dan pengumuman pemenang No: 05/BA-UM.NANG.PK/PPK-SAYEMBARA TUGU KHATULISTIWA/POKJA VII/D-CKTRP.B/2013 Tanggal 10 Desember 2013 dinyatakan terdapat 3 pemenang utama, dimana juara (1) berhasil direbut oleh Staf Prodi Arsitektur beserta mahasiswa aktif.

Dengan mengambil tema “Landscape of Knowledge”, tim merumuskan untuk mendesain kawasan Tugu menjadi pusat wisata ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugu Khatulistiwa juga diharapkan tidak hanya menjadi simbolik belaka, tetapi memberikan ruang baru untuk melakukan wisata yang lebih informatif, rekreatif, dan edukatif serta mendukung kawasan wisata lain disekitarnya.

Desain bangunan dibuat sebagai wahana transfer ilmu agar orang lebih menghargai alam dengan mudah, dimana setiap area kawasan mempunyai “nafas” ilmu pengetahuan yang berasal dari matahari, angin, air, dan wujud alam lainnya. Secara umum, pendekatan desain dilakukan dengan mempertimbangkan karakter bangunan (ikonik), pengetahuan yang edukatif, pengetahuan yang informatif, dan pengetahuan yang rekreatif.

Anggota Tim:

  1. M. Nurhamsyah
  2. M. Ridha Alhamdani
  3. Tri Wibowo C
  4. Iing Prayasa
  5. Indra Wahyu Fajar

Berita Terkait

This entry was posted in 2. Karya Mahasiswa, 4. Staf. Bookmark the permalink.