Tim Arsitektur Untan: Green Metropolis 2050 Tahap II

Sustainable Jakarta 2050 Beyond Dynamic Growth, Through Health Environment, Based On Green-Blue Networks Towards Resilient Society.

Magnet Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian Negara menjadikan kota ini memerlukan sumber daya yang sangat besar. Wilayah Jabodetabekpunjur yang seharusnya menjadi kawasan penyangga sudah tidak lagi mampu menyediakan kebutuhan kota yang tumbuh dan berkembang sangat cepat. Permasalahan kiriman dari wilayah metropolitan ini juga menjadi permasalahan tersendiri, namun perkembangan Kota Jakarta sekaligus  menjadi beban tersendiri bagi kota-kota di sekitarnya. Hijau-biru Jakarta, kota modern, manusiawi, berbudaya dan berkelanjutan merupakan visi yang diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan yang ada. Visi tersebut dijabarkan ke dalam usaha mewujudkan keterpaduan ruang Kota Jakarta dalam system dan struktur ruang Kota Jabodetabekpunjur sebagai kota modern, manusiawi dan berkelanjutan, menjamin kebutuhan dasar masyarakat Kota Jakarta akan ruang kehidupan yang sehat, membangun citra positif Kota Jakarta sebagai pusat hunian, pusat perdagangan dan jasa, pusat wisata sekaligus pusat pemerintahan. Strategi perencanaan dan perancangan Green Metropolis Jakarta 2050 dengan konsep

Green-Blue Network diarahkan untuk menciptakan masyarakat yang tangguh (through healthy environment based on green-blue network towards resilient society) dititikberatkan untuk menjadikan sungai Ciliwung sebagai  inti kota yang berfungsi sebagai: sarana sosial dan budaya masyarakat (socio-cultural center), sarana rekreasi dan olahraga masyarakat (community center), sarana pemenuhan kebutuhan hidup dan penghidupan masyarakat (welfare center), sarana menciptakan keserasian dan keindahan lingkungan (city character symbol), pengaman lingkungan hidup perkotaan, perlindungan plasma nutfah dan sebagai sarana mempengaruhi dan memperbaiki iklim mikro (environmental sustainability center) dan wujud penciptaan Kota Green Metropolis Jakarta 2050 melalui sinergisitas green economy, green society dan green environment.

This entry was posted in 4. Staf. Bookmark the permalink.