Mahasiswa Arsitektur Untan: Juara I & III Sayembara Penataan Tepi Kawasan Kapuas

Beberapa mahasiswa Arsitektur Untan kembali memenangkan sayembara disain, kali ini beberapa mahasiswa berhasil “menyabet” sekaligus juara I dan III dalam Sayembara Penataan Tepi Kawasan Sungai Kapuas di Kota Pontianak, yang diselenggarakan oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Provinsi Kal-Bar bekerjasama dengan Pusat Studi Bencana, Mitigasi & Pembangunan Berkelanjutan (PSB-UNTAN) serta Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Untan.

Juara I diraih oleh Kelompok mahasiswa yang terdiri dari: Anggun, Fiqri, dan Saddan. Dan, dalam “proposalnya”, mereka mengangkat tema: “KOLONG” atau “Kompleks Long House”. “Kolong” di kembangkan melalui pendekatan integrasi antara beberapa pertimbangan disain yang mereka kembangkan, yaitu: (1) Transportasi: mengembangkan transportasi air dan darat untuk publik dan wisata, (2) Ekonomi: mengembangkan “ekonomi” mandiri, (3) Permukiman: mengembangkan “community house”, (4) Tampilan: mengembangkan tampilan bangunan yang selaras dan ramah lingkungan, (5) Sanitasi Lingkungan: mengurangi pencemaran air sungai, dan (6) Ruang Terbuka Hijau: mengembangkan potensi waterfront yang dapat menampung aktivitas publik dan privat.

Sedangkan juara III diraih oleh Dzikri dkk, ia memilih “kasus” disekitar kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak yang membentang hingga tepi Sungai Kapuas dengan tema “Equator and River Line”. Dalam konsepnya Dzikri menekankan 6 pendekatan “dampak” yang ingin dihasilkan pada ruang publik: yaitu (1) Nilai Ekonomi dari ruang publik berbasis retail, (2) Kesehatan dalam bentuk sport space, (3)  Ruang publik “permainan” untuk anak (4) Community space, (5) Effective space, dan (6) Green space.

Hadiah untuk pemenang diserahkan langsung oleh panitia bersamaan dengan acara Workshop Pemberdayaan Kelembagaan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Pontianak.

Kolong

Ket. Gambar 1: Disain/Rencana Kompleks Long House (KOLONG)

Equator_River line

Ket. Gambar 2: Disain/Rencana Equator and River Line

Berita terkait

This entry was posted in 2. Karya Mahasiswa. Bookmark the permalink.