Ikatan Alumni: Design Workshop Series

“Design Workshop Series” (3 Desember 2012) merupakan salah satu kegiatan dan inisiatif yang dikemukakan oleh para alumni Arsitektur Untan yang tergabung didalam Ikatan Alumni Arsitektur Untan atau IAA-Untan. Kegiatan ini didasari atas kepedulian para Alumni terhadap para mahasiswa aktif dengan memberikan wawasan pengalaman “praktek” yang telah didapati mereka (Alumni) sebelumnya. Tujuan dari kegiatan “Workshop” ini adalah memberikan pemahaman dan penekanan pada eksplorasi tema, konsep, karakteristik dan pembedanya. Selain itu, penelusuran intisari permasalahan untuk mendapatkan tema besar juga ditekankan, lalu bagaimana mencari penyelesaian masalah, hingga “menemu-kenali”, ber-eksplorasi dengan konsep, ide dan gagasan dalam pemikiran-pemikiran yang terukur, rasional, logis, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kegiatan ini diikuti (dikhususkan) untuk mahasiswa angkatan 2011 sebagai “pengantar” untuk mata kuliah Studio BTS, inti dari kegiatan ini merupakan “mini studio” dengan produk akhir konsep desain untuk ruang terbuka (taman + retail) dengan memperhatikan kebudayaan setempat. Kegiatan dilaksanakan mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00, dengan mengambil “studi kasus” atau lokasi perancangan di kawasan/ruang terbuka disekitar kawasan Sungai Kapuas Pontianak. Kegiatan dimulai dengan pengantar mengenai pengertian tema, konsep, dan karakteristik dalam kedudukannya pada proses-proses identifikasi masalah, kemudian dilanjutkan sesi presentasi beberapa karya alumni. Dan, setelah beberapa pengantar dan presentasi dari pemateri, peserta “workshop” mulai mendeskripsikan apa yang mereka dapat dalam bentuk diskusi.

Setelah istirahat, sesi terakhir dari kegiatan ini adalah “mini studio” yang merupakan tahapan dimana para peserta mulai “menuangkan” ide dan gagasan mereka dalam konteks tema/produk yang akan dihasilkan dari kegiatan. Peserta di bagi dalam 5 kelompok yang masing-masing di bimbing oleh satu pembimbing melalui pendekatan diskusi antar peserta dan pembimbing dalam satu kelompok. Walaupun baru terbentuk pada tahun 2012, namun para Alumni telah mulai memberikan kontribusi “integratif” terhadap kegiatan-kegiatan mahasiswa aktif, yang tentunya akan menambah wawasan yang lebih luas bagi para mahasiswa.

Pemateri dan Pembimbing: Hamdil Khaliesh, DT Ariwibowo, Indiguna, Sudrajat S, Mustikawati

Ket. Foto: Kegiatan Design Workshop oleh IAA-UNTAN

This entry was posted in 1. Seputar Kampus. Bookmark the permalink.